Menerbitkan Buku Motivasi dan Panduan Pelatihan


Para fasilitator, pemandu pelatihan, atau bahkan motivator biasanya memiliki materi khusus atau khas, yang memiliki karakter berbeda dengan para fasilitator lain. Materi itu semacam temuan kecil yang dihasilkan dari berbagai evaluasi terhadap semuah pelatihan atau workshop yang berkali-kali dilakukan. Mereka biasanya juga mengumpulkan berbagai cerita pengalaman dari peserta pelatihan, lalu melakukan analisis dan membuatkan beberapa solusi yang mampu menyelesaikan masalah, atau setidaknya membantu meringankan masalah peserta.

Fasilitator yang baik biasanya memiliki catatan perjalanan yang dinamis dalam menjalankan profesinya itu. Dari catatan-catatan itu biasanya muncul ide-ide segar yang dapat dijadikan sebagai bahan materi pelatihan selanjutnya, sehingga pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan tidak monoton, tetapi memiliki daya magis yang membuat peserta ingin selalu mengikuti dan tidak mau meninggalkan materi pelatihan yang dieksplor di dalam kelas pelatihan.

Apabila catatan-catatan itu hanya tersimpan di dalam buku fasilitator sendiri, tentu sulit dilakukan eksplorasi atas temuan-temuan kecil yang sangat bermanfaat bagi para peserta. Untuk itu, sebaiknya para fasilitator mencoba menuliskan ulang secara runut dan tersistematis, sehingga menjadi sebuah buku, baik kecil atau besar, yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk diskusi selanjutnya. Temuan-temuan tersebut biasanya murni atau original khas fasilitator, sehingga sangat layak untuk diterbitkan menjadi sebuah buku yang dicetak massal bagi kepentingan masyarakat umum.

Jika Anda adalah seorang fasilitator atau mantan fasilitator tentu pernah mengalami masalah temuan-temuan kecil itu. Ada kalanya memang tidak semua fasilitator mau menulis ulang atau menyimpannya menjadi sebuah catatan. Hal ini disebabkan oleh banyak factor. Bisa karena memang tidak memiliki keterampilan menulis, atau memang tidak memiliki waktu untuk menuangkan kalimat dalam buku hariannya sebagai fasilitator. Maklum, biasanya fasilitator memiliki jam terbang yang sangat padat. Jika hal tersebut Anda alami, sebaiknya meminta bantuan teman atau saudara untuk menuliskannya, supaya secara tidak langsung Anda dapat memiliki karya original tentang kerofesian yang sedang digeluti.

Dengan memiliki karya yang sudah diterbitkan, tentu nama Anda akan semakin menjadi pembicaraan orang dan dikenal sebagai fasilitator yang penulis. Bahkan, secara otomatis akan menjadi marketing yang dahsyat bagi profesi Anda dan Anda sendiri.
logoblog
Previous
« Prev Post