Cetak Buku Panduan Pelatihan


Bagi para fasilitator yang memiliki banyak materi pelatihan, biasa melakukan penggandaan dengan cara fotokopi. Hal ini tentu sangat disayangkan, sebab peserta pelatihan akan mengumpulkan potongan-potongan materi pelatihan yang ditakutkan akan terselip di tempat lain, sehingga sulit dipraktikkan pada saat-saat dibutuhkan. Akan tetapi, jika dibukukan atau dicetak dengan serius, kemungkinan besar akan sangat bermanfaat, sebab dinilai lebih berharga oleh peserta, dan akan sering dibawa ke mana-mana untuk dipelajari dan dipraktikkan.

Cara cetak buku panduan tidak berbeda dengan buku yang lain pada umumnya. Perbedaannya cenderung pada muatan isi buku, yaitu lebih banyak ilustrasi atau gambar yang memudahkan peserta pelatihan, sehingga diperlukan waktu khusus untuk menyesuaikan layoutnya. Setidaknya, perlu dipersiapkan gambar-gambar yang memiliki resolusi agak tinggi, sehingga pada saat dilakukan cetak buku panduan, gambar tetap jelas dan memiliki ketajaman yang baik. Jika Anda terpaksa menggunakan gambar-gambar dari referensi buku yang lain, sebaiknya dilakukan scanning terhadap gambar tersebut.

Apabila memungkinkan, mintalah pendapat fasilitator yang lain sehingga didapatkan model buku panduan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan yang akan Anda jalankan. Bahkan, jika memungkinlan lagi, Anda juga bisa meminta masukan kepada para peserta pelatihan tentang rencana pembuatan atau cetak buku pelatihan yang akan Anda lakukan. Berikanlah beberapa lembar formulir masukan bagi buku panduan pelatihan Anda. Tentu saja, buku panduan pelatihan yang akan Anda cetak akan ditujukan kepada peserta pelatihan-pelatihan selanjutnya. Masukan dari peserta pelatihan sekarang tentu juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap materi yang telah disempaikan kepada mereka.

Jika semua masukan untuk cetak buku panduan pelatihan sudah Anda dapatkan, segeralah perbaiki sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu siapkan covernya serta jika memungkinkan naskah buku panduannya bisa dilayout sekalian. Jika tidak bisa melakukan layout sendiri, sebaiknya Anda meminta bantuan atau menggunakan jasa layanan lauout, bahkan editing sekalian. Kalau Anda tidak mengetahui tempat jasa tersebut, kami siap membantu melaksanakan tugas tersebut.

Apabila segala keperluan cetak buku panduan pelatihan sudah siap, segera kirimkan filenya kepada kami untuk dicetak, sesuai pesanan Anda. Sebutkan berapa eksemplar keperluan Anda. Terima kasih.
logoblog
Previous
« Prev Post